Selasa, 27 November 2012

PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA


PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
            Salah satu hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah terciptanya alat komunikasi yang canggih yaitu handphone (HP). Hp pada awalnya hanya digunakan oleh orang – orang yang memang benar – benar membutuhkannya, seperti para pekerja kantoran, pebisnis, pejabat atau guru. Namun, sekarang HP tidak hanya digunakan oleh orang – orang penting saja tetapi juga anak – anak usia sekolah. Lebih parahnya lagi anak – anak usia sekolah dasar pun sudah mengenal dan menggunakan HP. Mengingat tujuan diciptakannya, HP memang diharapkan bisa memberi kemudahan komunikasi kepada manusia, terutama untuk komunikasi jarak jauh. Namun ternyata hal ini juga bisa membawa dampak pada prestasi belajar siswa tersebut. Baik dapat meningkatkan prestasi belajarnya tetapi juga bisa menurunkan prestasi belajar siswa.
            HP memiliki dampak positif dan dampak negatifnya. Yang termasuk dampak positif dari HP diantaranya adalah:
1.      Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi
Teknologi selalu berkembang sesuai dengan jaman dan pola pikir manusia yang selalu menuju kearah modernisasi. Oleh sebab itu ada baiknya juga jika siswa juga mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi untuk pengetahuan siswa juga.
2.      Mempermudah komunikasi terutama jarak jauh
Untuk membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan PR, HP bisa membantu menghubungi teman yang rumahnya jauh untuk bertanya PR karena dapat menghemat waktu.
3.      Memperluas jaringan persahabatan
Dengan menggunakan HP siswa bisa menambah teman dengan mudah melalui telepon langsung atau pesan singkat(SMS)
4.      Sebagai penghibur pada saat siswa jenuh belajar
 Dalam HP terdapat fitur – fitur MP3 atau game yang dapat memberi hiburan pada siswa sehingga apabila siswa mengalami kejenuhan dalam belajar siswa dapat mendengarkan musik atau sekedar main game.
5.      Terdapat fitur internet yang dapat membantu siswa mencari informasi
Hal ini mampu membantu siswa untuk mencari informasi atau materi pelajaran melalui fitur internet yang terdapat di HP.
6.      Memiliki banyak memory
Handphone memiliki banyak memory untuk menyimpan banyak data dengan mudah dan dapat dibawa kemana-mana, baik informasi materi pelajaran, foto – foto, video, hasil ujian, informasi tentang buku terbaru dan musik. Ini bisa digunakan untuk membantu dan mempermudah siswa memahami pelajaran.
            Selain dampak positif dari penggunaan HP yang cukup banyak,namun cukup banyak juga juga dampak negatif dari penggunaan HP bagi siswa yang patut di waspadai dan seharusnya di hindari.
1.      Terdapat efek radiasi yang mampu mempengaruhi kesehatan siswa, sehingga sebaiknya untuk anak SD jangan diberi HP untuk digunakan secara permanen.
2.      Rawan tindak kejahatan, karena anak –anak di anggap kurang bisa menjaga diri menyebabkan anak – anak menjadi target utama dari kejahatan pencurian.
3.      Mengganggu perkembangan anak, karena tidak jarang anak sekolah malah lebih tertarik melihat HP yang bergetar ketika pelajaran berlangsung. Parahnya lagi, HP digunakan untuk mencontek jawaban pada saat ujian akhir/nasional.
4.      HP juga bisa mengakibatkan pemborosan, karena menambah pengeluaran untuk pulsa. Apalagi pulsa tersebut tidak digunakan dengan baik, maka akan membuang sia – sia pulsa tsb.
5.      Penyalahgunaan fitur internet
Internet yang selayaknya digunakan untuk mempermudah siswa mencari informasi atau materi pelajaran bisa disalah gunakan untuk mencari gambar atau video yang kurang baik (porno).
6.      Menurunkan mental belajar siswa
Siswa kurang berani mengambil resiko dalam ujian, sehingga sering mencari jalan aman dengan mencontek teman melalui HP. Ini yang menjadikan minat belajar siswa juga berkurang yang mengakibatkan prestasi belajar siswa pun turun.
            Banyak dampak yang ditimbulkan oleh penggunaanHP, namun parahnya dampak negatif dari Hp justru lebih banyak.  HP yang diciptakan dengan tujuan positif malah sering dimanfaatkan untuk hal negatif terutama bagi pelajar.
            Karenannya handphone(HP) akan sangat bermanfaat apabila penggunanya mampu menfaatkan dengan bijaksana. Jangan sampai HP menambah banyak masalah dan menghambat prestasi belajar siswa. Kontrol dari guru dan orang tua terhadap penggunaan HP bagi anak sekolah sangat diperlukan. Mengingat HP tidak hanya membawa pengaruh yang positif terhadap belajar siswa namun juga mampu memberi pengaruh negatif untuk perkembangan prestasi siswa dan kesehatan siswa.
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar